PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI PERKALIAN PADA SISWA KELAS III MI TARBIYATUL ISLAMIYAH NOBOREJO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

RAHMAWATI, YULIA DWI (2018) PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI PERKALIAN PADA SISWA KELAS III MI TARBIYATUL ISLAMIYAH NOBOREJO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
yulia dwi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana motivasi belajar matematika operasi perkalian sebelum menggunakan metode jarimatika? 2) Bagaimana motivasi belajar matematika operasi perkalian sesudah menggunakan metode jarimatika? 3) Adakah pengaruh metode jarimatika terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Salatiga tahun pelajaran 2017/ 2018? 4) Bagaimana hasil belajar matematika operasi perkalian sebelum menggunakan metode jarimatika? 5) Bagaimana hasil belajar matematika operasi perkalian sesudah menggunakan metode jarimatika? 6) Adakah pengaruh metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika operasi perkalian pada siswa kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Salatiga tahun pelajaran 2017/ 2018? Untuk menjawab permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan dua analisis data yaitu, untuk menguji pengaruh metode jarimatika terhadap motivasi belajar dengan uji Wilcoxon match pairs test dan untuk menguji pengaruh metode jarimatika terhadap hasil belajar menggunakan uji Paired Sample t-test. Subjek penelitian sebanyak 21 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk mengambil data motivasi belajar siswa dan hasil belajar matematika diperoleh melalui tes dan dokumen nilai siswa. Untuk informasi lainnya, peneliti menggunakan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Rata- rata hasil motivasi belajar sebelum menggunakan metode jarimatika adalah 39,14 dalam kategori kurang baik. 2) Rata-rata hasil motivasi belajar sesudah menggunakan metode jarimatika adalah 67,33 dalam kategori sangat baik. 3) Selanjutnya peneliti menganalisis data dengan uji Wilcoxon match pairs test diperoleh nilai (thitung = 0 < ttabel = 2,080) pada taraf signifikansi 5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode jarimatika terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Salatiga tahun pelajaran 2017/ 2018. 4). Rata- rata hasil belajar matematika sebelum menggunakan metode jarimatika adalah 43,33 dalam kategori kurang baik. 5) Rata-rata hasil belajar matematika sesudah menggunakan metode jarimatika adalah 80,48 dalam kategori sangat baik. 6) Selanjutnya peneliti menganalisis data dengan uji Paired Sample t-test diperoleh nilai (thitung = 11,2 > ttabel = 2,086) pada taraf signifikansi 5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika operasi perkalian pada siswa kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Salatiga tahun pelajaran 2017/ 2018.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2018 04:14
Last Modified: 18 Oct 2018 04:14
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4245

Actions (login required)

View Item View Item