Peningkatan Hasil belajar IPS Materi Masalah Sosial Lingkungan Sekitar Melalui Metode Make a Match(Menjodohkan)dan Media Kartun Siswa Kelas IV Semester 02 Mi Miftahun Najihin Kauman Lor Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018.

Perdana, Gilang (2018) Peningkatan Hasil belajar IPS Materi Masalah Sosial Lingkungan Sekitar Melalui Metode Make a Match(Menjodohkan)dan Media Kartun Siswa Kelas IV Semester 02 Mi Miftahun Najihin Kauman Lor Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI BAB 1 YES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya peningkatan hasil belajar siswa yang dilatarbelakangi dengan adanya kenyataan hasil belajar siswa kelas IV MI Mi Miftahun Najihin Kauman Lor dalam pembelajaran IPS tergolong masih rendah. Oleh karena itu Guru diharapkan menerapkan metode pembelajaran yang meningkatkan hasil belajar. Masalah utama yang akan dijawab dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah : Apakah penerapanMetode pembelajaran Make a Match (Menjodohkan) dan MediaKartundapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Masalah Sosial Di Lingkungan Setempat pada siswa kelas IV Semester 02 Mi Miftahun Najihin Kauman Lor tahun pelajaran 2017/2018 Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menerapkanMetode pembelajaran Make a Match (Menjodohkan)dan media kartun pada siswa kelas IV se Mi Miftahun Najihin Kauman Lor tahun pelajaran 2017/2018, dengan subjeknya seluruh siswa kelas IV dengan materi masalah sosial di lingkungan sekitar. Data ini diambil dengan menggunakan observasi yaitu mengamati aktifitas siswadan guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan memberikan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I, siklus II. Data tersebut kemudian diolah secara kuantitatif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran make a match (Menjodohkan)dan media kartun dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi masalah sosial di lingkungan setempat mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebelum melakukan penerapan yaitu 12 atau 44,4%% siswa yang memenuhi KKM dan sesudah penerapan Metode pembelajaran make a match dan media kartun yaitu pada siklus I sebanyak 14 atau 51,9% siswa yang telah tuntas, dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 100% atau 27siswa yang telah memenuhi KKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2018 04:18
Last Modified: 18 Oct 2018 04:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4246

Actions (login required)

View Item View Item