Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Mengenal Jenis usaha dan kegiatan ekonomi melalui metode Think Pair Share dan media komik pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kalinanas Kec. Wonosegoro tahun pelajaran 2017/2018

Mulyanto, Azis (2018) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Mengenal Jenis usaha dan kegiatan ekonomi melalui metode Think Pair Share dan media komik pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kalinanas Kec. Wonosegoro tahun pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FULL BAKAR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Negeri 2 Kalinanas belum menggunakan berbagai model pembelajaran aktif. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru terutama pada pelajaran IPS. Terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM ≥ 65. Rumusan masalah ini adalah apakah metode Think Pair Share dengan media komik dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi mengenal jenis usaha dan kegiatan ekonomi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kalinanas Kec. Wonosegoro tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan peneliti adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi mengenal jenis usaha dan kegiatan ekonomi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kalinanas Kec.Wonosegoro tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kalinanas Kec. Wonosegoro yang berjumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data yang di gunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan menghitung pencapaian nilai tiap siklus dengan ditandai tingkat pencapaian kriteria ketuntasan klasikal ≥ 85%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Think Pair Share dengan media komik dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kalinanas Kec. Wonosegoro tahun pelajaran 2017/2018. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari pra siklus ke siklus I 27% dan siklus I ke siklus II 27%. Dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus 33%, siklus I 60%, dan siklus II 87%. Siswa yang belumtuntas pada siklus II akan diberikan tindakan mandiri berupa latihan-latihan yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2018 06:27
Last Modified: 18 Oct 2018 06:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4249

Actions (login required)

View Item View Item