Peningkatan Kemampuan Sains Melalui Kegiatan Pencampuran Warna Pada Anak Kelompok B Tk Siwi PertiwiKecamatan Bancak Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019

khasanah, Uswatun (2018) Peningkatan Kemampuan Sains Melalui Kegiatan Pencampuran Warna Pada Anak Kelompok B Tk Siwi PertiwiKecamatan Bancak Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
gabungan skripsi uswa new.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masa anak usia dini sering dipandang sebagai masa emas (golden age). Dimasa ini anak mempunyai peluang yang sangat besar untuk pembentukan dan pengembangan pribadinya. Menurut pakar psikologi, anak usia dini merupakan masa yang tepat untuk melakukan pendidikan. Sebab, pada masa ini anak sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang luar biasa. Anak belum memiliki pengaruh negatif yang banyak dari luar atau lingkungan sehingga orangtua maupun pendidik akan jauh lebih mudah dalam mengarahkan dan membimbing anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan sains melalui kegiatan pencampuran warna pada anak kelompok B TK Siwi PertiwiKecamatan Bancak Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif partisipatif dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan MC Taggart. Subjek dari penliti ini adalah guru kelas sekaligus seluruh siswa kelompok B TK Siwi Pertiwi yang berjumlah 16 siswa. Yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Waktu yang diperlukan oleh peneliti untuk melakukan penelitian adalah mulai bulan Juli sampai selesai. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan lembar kerja anak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pencampuran warna dapat meningkatkan kemampuan sains anak kelompok B Tk Siwi Pertiwi Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang tahun 2018/2019 menggunakan media kertas krep dan pewarna makanan.Hal ini dapat dibuktikan dari data hasil observasi pembelajaran pada tiap Siklus. Sebelum tindakan kemampuan pencampuran warna menggunakan media kertas krap dan pewarna makanan anak didik sebesar 33% meningkat pada Siklus 1 sebesar 62% dan ketika dilanjutkan pada Siklus II meningkat menjadi sebesar 88% . Total peningkatan yang terjadi dari sebelum tindakan (Pra Siklus) sampai Siklus II sebesar 55%, yaitu dari 33% menjadi 88% dengan KKM 75 % atau setara dengan bintang 2 (Mulai Muncul)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu murni
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2018 06:42
Last Modified: 18 Oct 2018 06:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4254

Actions (login required)

View Item View Item