MOTIVASI ORANG TUA MEMILIH HOMESCHOOLING(Studi Kasus pada Orang Tua Muslim yang Menyekolahkan Anak di Community Based Education Kota Salatiga Tahun 2018)

Fajar, Ina Anida Nurul (2018) MOTIVASI ORANG TUA MEMILIH HOMESCHOOLING(Studi Kasus pada Orang Tua Muslim yang Menyekolahkan Anak di Community Based Education Kota Salatiga Tahun 2018). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peneliti membahas mengenai motivasi orang tua dalam memilihkan sarana pendidikan untuk anak. Dalam kasus ini adalah mengenai pemilihan homeschooling sebagai sekolah alternatif bagi anak. Beberapa di antaranya adalah terdapat kekhawatiran dalam diri orang tua melihat sistem pendidikan formal pada umumnya yang menyama ratakan anak, padahal kita ketahui bersama bahwa setiap anak mempunyai kemampuan atau potensi yang berbeda-beda. Serta tidak tercukupinya pendidikan mengenai keagamaan, etika, pendidikan karakter, maupun moral pada anak. Berdasarkan hal itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Motivasi orang tua memilih homeschooling sebagai sarana pendidikan anak. 2) Karakteristik dari homeschooling sehingga orang tua memilih homeschooling sebagai sarana pendidikan anak. 3) Kelebihan dari dalam diri anak menurut orang tua setelah memilih untuk homeschooling. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) Motivasi orang tua memilih homeschooling sebagai sarana pendidikan anak adalah orang tua menginginkan anak mereka dapat fokus menekuni bakat yang dominan dari dirinya, supaya anak mereka tumbuh dengan sisi keagamaan, karakter, serta etika yang baik dari sistem pembelajaran yang menyenangkan dan fleksibel. 2) Karakteristik dari homeschooling sehingga orang tua memilih homeschooling sebagai sarana pendidikan anak adalah, homeschooling memberikan ruang bagi anak untuk dapat belajar dengan konsep borderless, serta orientasi pendidikan anak lebih cenderung pada pembentukan karakter anak, dan pemberian nilai-nilai kehidupan kepada anak, bukan berbasis nilai. 3) Kelebihan pada diri anak menurut orang tua setelah memilih homeschooling di antaranya adalah, anak memiliki sopan santun, adab, dan etika yang baik. Anak lebih mudah berinteraksi dengan orang lain, walaupun berbeda usia. Anak juga lebih sadar mengenai kewajiban mereka sebagai umat muslim, sehingga mereka melakukannya dengan senang hati, tanpa paksaan, serta mulai mengetahui mana yang menjadi larangan dan mana yang menjadi perintah Allah SWT.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2018 08:05
Last Modified: 18 Oct 2018 08:05
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4261

Actions (login required)

View Item View Item