PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA KONSEP ENERGI DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS IV MI MAARIF ARROSYIDIN KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG

Aningsih, Yazida Asri Duk (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA KONSEP ENERGI DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS IV MI MAARIF ARROSYIDIN KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Yazida Asri Duk Aningsih_11509029.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kenyataan bahwa hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Candimulyo Magelang Pada mata pelajaran IPA masih tergolong rendah. Oleh karena itu guru diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pembelajaran yang memungkinkan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa untuk kelas rendah adalah dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian merupakan upaya untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Maarif Arrosyidin Karen Magelang. Pertanyaan yang ingin di jawab apakah pendekatan CTL dapat meningkatkan prestasi belajar IPA konsep energi pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Arrosyidin Karen Candimulyo pada tahun ajaran 2013/2014? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini diambil dengan lembar pengamatan, soal tes/ evaluasi soal, pedoman dokumentasi dan angket umpan balik siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Berdasarkan analisis data maka kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan penguasaan materi yang diajarkan yaitu mata pelajaran IPA konsep Energi di MI Ma’arif Arrosyidin Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang tahun ajaran 2013/2014. Terbukti pada siklus I dari 19 siswa baru 5 (26,31%) siswa yang mencapai kriteri ketuntasan minimal (KKM), pada siklus II 11 (57,78%) siswa yang te lah mencapai nilai KKM dan pada siklus III tercatat 17 (89,47%) siswa telah mencapai nilai KKM yang ditetapkan. Hal tersebut menunjukan bahwa penguasaan belajar siswa sudah mencapai ketuntasan ideal kelas yaitu 90%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2016 05:10
Last Modified: 19 Feb 2016 05:10
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item