KONSEP PENDIDIKAN AKHLAQ PADA QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 12-19 MENURUT TAFSIR JALALAIN DAN AL-MARAGHI SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI (Studi Multi Situs Pada Pondok Pesantren TPI Al-Hidayah, Limpung, Batang dan Pondok Pesantren Jamsaren Surakarta 2018)

Prasetya, Budi (2018) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAQ PADA QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 12-19 MENURUT TAFSIR JALALAIN DAN AL-MARAGHI SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI (Studi Multi Situs Pada Pondok Pesantren TPI Al-Hidayah, Limpung, Batang dan Pondok Pesantren Jamsaren Surakarta 2018). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS 2018.pdf

Download (891kB)

Abstract

Konsep Pendidikan Akhlak Pada Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 12-19 Menurut Tafsir Jalalain Dan Al-Maraghi Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Santri (Studi Multi Situs Pada Pondok Pesantren TPI al-Hidayah, Limpung, Batang Dan Pondok Pesantren Jamsaren Surakarta 2018). Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Salatiga, 2018, Pembimbing Dr. H. Miftahuddin, M.Ag. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (a) mengetahui konsep pendidikan akhlaq dalam Q.S. Luqman menurut Tafsir Jalalain dan al-Maraghi, (b) mendeskripsikan perbedaan penekanan pada kedua tafsir, (c) menjelaskan relevansi konsep pendidikan akhlak menurut kedua tafsir dengan pendidikan karakter di Pondok Pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di dalam penyusunannya menggunakan metode kajian pustaka dan field research (penelitian lapangan). Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan: a) konsep pendidikan akhlak pada Q.S Luqman ayat 12-19 pada Tafsir Jalalain adalah cara berakhlak kepada Allah, manusia, dan alam semesta. b) pada Tafsir al-Maraghi konsep akhlaknya adalah syukur, menyayangi anak, berbuat baik kepada orang tua, tobat dan sabar. c) penanaman karakter pada TPI al-Hidayah dilakukan dengan metode pembiasaan, keteladanan, pemberian motivasi, persuasi. Sedangkan dalam menanamkan karakter di Pesantren Jamsaren menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, menceritakan kisah, dan memberi motivasi yang kemudian diintegrasikan pada pembelajaran baik itu dalam kajian, maupun kehidupan lain seperti ekstrakurikuler. d) konsep pendidikan akhlak pada tafsir Jalalain mempunyai relevansi terhadap pendidikan karakter di TPI al-Hidayah dan konsep pendidikan akhlak pada tafsir al-Maraghi mempunyai relevansi terhadap pendidikan karakter di Ponpes Jamsaren, yaitu menjadikan santri lebih bersyukur, sabar, tawadhu’, berbakti kepada orangtua, penyayang, disiplin, rendah hati.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2018 03:17
Last Modified: 19 Oct 2018 03:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4280

Actions (login required)

View Item View Item