Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Student Facilatator and Explaining (SFE) Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di MI Tarbiyatus Sibyan Klitikan Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019

Lestari, Dwi Puji (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Student Facilatator and Explaining (SFE) Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di MI Tarbiyatus Sibyan Klitikan Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi PDF.pdf

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui strategi Student Facilatator and Explaining (SFE) pada Pembelajaran Tematik kelas V di MI Tarbiyatus Sibyan Klitikan Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Tarbiyatus Sibyan Klitikan Kecamatan Kedungjati Kebupaten Grobogan yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar tes evaluasi, lembar pengamatan guru, dan lembar pengamatan guru dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila lebih dari 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran SFE dapat meningkatkan hasil belajar siswa MI Tarbiyatus Sibyan Klitikan Kecamatan Kedungjati Kebupaten Grobogan Tahun 2018. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 62,5% siswa tuntas belajar, siklus II 75% siswa tuntas belajar, dan siklus III 87,5% siswa tuntas belajar. Hal ini dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II 12,5% dan siklus II ke siklus III 12,5%. Siswa yang belum tuntas pada Siklus III akan diberikan tindakan mandiri oleh guru berupa remedial atau latihan-latihan sehingga diharapkan siswa dapat tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2018 06:55
Last Modified: 19 Oct 2018 06:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4291

Actions (login required)

View Item View Item