UPAYA PEMBINAAN KEAGAMAAN PADA SISWA KELAS II MADRASAH TSANAWIYAH MULNITHI ASISATAN PATANI THAILAND SELATAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Taye, Ainham (2018) UPAYA PEMBINAAN KEAGAMAAN PADA SISWA KELAS II MADRASAH TSANAWIYAH MULNITHI ASISATAN PATANI THAILAND SELATAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Upaya Pembinaan Keagamaan pada siswa kelas II Madrasah Tsanawiyah Mulnithi Azizstan Patani Thailand Selatan. Adapun pertanyaan yang ingin dijawab adalah : 1) Bagaimana upaya pembinaan keagamaan pada sisiwa kelas II Madrasah Tsanawiyah di azizstan Patani Thailand Selatan ? 2) Apa hasil yang dicapai dengan diupayakannya dalam pembinaan keagamaan pada sisws kelas II Madrasah Tsanawiyah di azizstan Patani Thailand Selatan ? 3) Problem dan solusi dalam upaya pembinaan keagamaan pada siswa kelas II Madrasah Tsanawiyah di azizstan Patani Thailand Selatan? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di Sekolah Madrasah Mulnithi Azizstan Patani Thailand Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan lebih dahulu memfokuskan pada data yang penting kemudian disajikan dalam teks yang bersifat deskriptif-analitik, dan ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) upaya pembinaan keagamaan pada siswa kelas II Madrasah Tsanawiyah dilakukan melalui beberapa kegiatan, diantaranya: Pertama, pembinaan bidang tauhid, seperti; mempelajari kitab-kitanb kuning seperti kitab tauhid, kitab taawuf dan kitab fikih. Kedua, pembinaan bidang akhlak, seperti; berbarisan setiap hari, sholat berjamaah dan perilaku para guru-guru agar siswa bisa meniru dan meneladani.Ketiga, pembinaan bidang BTQ, seperti; mengaji setiap hari setelah sholat isak dan subuh dan menghafal, memahami isi kandungan ayat Al-Qur’an. Keempat, pembinaan bidang pengetahuan ilmu-ilmu agama, seperti; diskusi seputar amalan-amalan sunnah, memperingati hari-hari besar dalam islam dan ceramah setiap 1 hari seminggu. 2) hasil yang dicapai dengan diupayakannya dalam pembinaan keagamaan pada sisws kelas II madrasah tsanawiyah yang terjadi setelah siswa mengikuti kegiatan-kigiatan pembinaan keagamaan tersebut dapat memahami isi kandungan ayat Al-Qur’an dan membaca dengan baik, memiliki kepribadian muslim yang lebih baik seperti, Sikap keperibadian yang baik, Berperasaan halus, Munculnya sikap tolong menolong antar sesame, Tambahnya ilmu pengetahuan agama, dan sesuai dengan ajaran Islam. 3) Problem dan solusi dalam upaya pembinaan keagamaan pada siswa kelas II madrasah tsanawiyah yaitu problem a) faktor pribadi siswa, b) faktok keluarga, c) faktor lingkungan masyarakat. Solusi yang diberikan: melalui kerjasama dengan orang tua siswa dengan pihak pembinaan keagamaan, mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan dan mengadakan tim BP(bembingan dan penyuluhan). Pengarang : a. Nama :

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2018 04:34
Last Modified: 22 Oct 2018 04:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4325

Actions (login required)

View Item View Item