PENERAPAN METODE IQRO’ UNTUK MEMBELAJARKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK PANTI ASUHAN PUTRI AISYIYAH TUNTANG KAB. SEMARANG TAHUN 2013

Wijayanti, Estri (2015) PENERAPAN METODE IQRO’ UNTUK MEMBELAJARKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK PANTI ASUHAN PUTRI AISYIYAH TUNTANG KAB. SEMARANG TAHUN 2013. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Estri Wijayanti 115 09 019.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Al-Qur‟an merupakan sumber hukum dan aturan yang utama bagi umat Islam, sedangkan pada kenyataannya sekarang ini masih banyak anak-anak yang minim keterampilannya dalam membaca Al-Qur‟an. Seorang pendidik harus bisa memilih beberapa metode yang tepat untuk meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur‟an sesuai dengan kebutuhan anak. Metode iqro‟ telah banyak diterapkan sebagai awal anak dapat mempelajari Al-Qur‟an.Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian metode iqro‟ yang diterapkan di panti asuhan putri aisyiyah Tuntang, karena panti tersebut telah menerapkan metode iqro‟ sebagai metode untuk membentuk keterampilan anak dalam membaca Al-Qur‟an. Penelitian ini bertujuan memaparkan penerapan metode iqro‟ untuk membelajarkan keterampilan membaca Al-Qur‟an pada anak panti asuhan putri Aisyiyah Tuntang. Pertanyaan utama yang akan dijawab pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana konsep metode Iqro‟ di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Tuntang?, (2) Bagaimana penerapan metode Iqro‟ untuk membelajarkan keterampilan membaca Al-Qur‟an pada anak Panti Asuhan Putri Aisyiyah Tuntang?, (3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat keterampilan membaca Al-Qur‟an pada anak Panti Asuhan Putri Aisyiyah Tuntang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tahap-tahap penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan,dan tahap analisis data. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis datanya menggunakan model alir, yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik ketekunan pengamatan penelitian dan triangulasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) konsep penerapan metode iqro‟ di panti asuhan putri Aisyiyah meliputi 5 langkah, yaitu: (a) dengan makharijul huruf (keluar masuknya huruf hijaiyah) dan pengenalan huruf hijaiyah, (b) ustadzah memberi contoh cara pengucapan dan anak menirukan ustadzah, bila mana ada yang sudah betul tidak perlu diulang, tapi jika ada yang keliru maka diulang sampai anak bisa menirukan ustadzah, (c) kalau sudah benar panjang pendeknya, anak boleh melanjutkan kejilid selanjutnya, namun bila belum betul cara membacanya maka harus ada tekanan dari ustadzah, (d) jika anak sudah sampai jilid 6, akan ada evaluasi dari jilid 1-6. Yaitu dengan membaca sesuai dengan yang diperintahkan oleh ustadzah. Bila mana anak sudah lancar dan benar dalam membaca iqro‟ maka anak baru boleh melanjutkan ke Al-Qur‟an. (2) penerapan metode iqro‟ di panti sudah efektif karena hasilnya sudah sesuai dengan indikator keberhasilan keterampilan membaca Al-Qur‟an yaitu, anak mampu; a) melafalkan ayat-ayat Al-Qur‟an yang dianjurkan oleh ustadzah dengan baik dan benar. b) melafalkan ayat-ayat Al-Qur‟an berdasarkan kemampuan membaca dengan lancar, fasih, dan sesuai makharijul huruf. (3) faktor pendukung adalah sarana prasarana yang cukup memadai, semangat dan keikhlasan yang ditanamkan oleh pengajar. (5) faktor penghambat adalah waktu yang kurang tepat, keterbatasan tenaga pengajar dan waktu, kurang adanya motivasi dalam diri anak untuk semangat dalam mengaji

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2016 07:33
Last Modified: 22 Feb 2016 07:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/434

Actions (login required)

View Item View Item