Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Khulafaurrasyidin Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Andong Tahun Pelajaran 2017/2018

Hidayah, Nurul (2018) Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Khulafaurrasyidin Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Andong Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
nurul.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam materi Khulafaurrasyidin pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Andong Kabupaten Boyolali. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam materi Khulafaurrasyidin pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Andong Tahun Pelajaran 2017/2018, Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melaui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam materi Khulafaurrasyidin. Peningkatan prestasi belajar ditandai dengan nilai siswa yang mencapai KKM sebesar 65, yakni pada pra siklus nilai dari 32 siswa diketahui hanya 6 siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa yang tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 30 siswa tuntas serta adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada siklus I sebesar 59,37% dan siklus II sebesar 93,75%. Selain itu, pembelajaran ini juga dapat meningkatkan perhatian dalam pembelajaran, keaktifan, dan kerjasama siswa. pada siklus 1 diketahui sejumlah 20 siswa memperhatikan pembelajaran kemudian meningkat menjadi 27 siswa pada siklus II. Sejumlah 7 siswa akif bertanya pada siklus 1 meningkat menjadi 15 siswa pada siklus II. Sejumlah 7 siswa aktif dalam games tournament meningkat menjadi 28 siswa. Sejumlah 15 siswa mampu bekerjasama dengan siswa lain pada siklus 1 meningkat menjadi 26 siswa pada siklus II

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2018 01:20
Last Modified: 24 Oct 2018 01:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4343

Actions (login required)

View Item View Item