Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Khulafaurrasyidin Menggunakan Model Jurisprudential Inquiry Siswa Kelas VII Semester Genap (II) SMP N 2 Tengaran Tahun Pelajaran 2017/2018

Zailana, Almu Rismillah (2018) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Khulafaurrasyidin Menggunakan Model Jurisprudential Inquiry Siswa Kelas VII Semester Genap (II) SMP N 2 Tengaran Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Khulafaurrashidin Dengan Menggunakan Model Jurusprudential Inquiry Siswa Kelas VII SMP N 2 Tengaran Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci : Hasil Belajar, Khulafaurrashidin, Model Jurisprudential Inquiry. Rumusan masalah yang akan menjadi fokus peneliti yaitu apakah penggunaan model jurisprudential inquiry dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam (PAI) materi khulafaurroshidin pada siswa kelas VII SMP N 2 tengaran tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah untuk dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Model Jurisprudential Inquiry Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Tengaran Tahun Pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian ini adalah guru mata pembelajarn dan siswa SMP N 2 Tengaran yang terdiri dari 30 siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan acuan 3 siklus yaitu; pra-siklus, siklus I, siklus II yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Model pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan, tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan cara perbandingan nilai belajar tiap siklus dengan dilihat dari kriteria ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis dan Ibu Ima selaku guru pengampu PAI menunjukkan bahwa nilai siswa yang tuntas mencapai nilai KKM 70 pada pra siklus adalah sebanyak 8 siswa atau 27% dan yang belum tuntas dan 22 siswa atau 73% dengan rata-rata kelasnya adalah 26,6%. Siklus I adalah sebanyak 19 siswa atau 63% dan yang belum tuntas dan 11 siswa atau 37%, dengan nilai rata-rata kelasnya 66%. sebanyak 30 siswa atau 100%, dari jumlah siswa yang ada dikelas VII SMP N Tengaran telah mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata kelasnya 82%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2018 01:22
Last Modified: 24 Oct 2018 01:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4344

Actions (login required)

View Item View Item