PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR LEARNING PADA SISWA KELAS V SEMESTER II MI NURUL HIKMAH 02 KEDUNGRINGIN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ILMIAH, IMA FARIDHOTUL (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR LEARNING PADA SISWA KELAS V SEMESTER II MI NURUL HIKMAH 02 KEDUNGRINGIN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ima.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya data yang diperoleh dari MI Nurul Hikmah 02 Kedungringin Suruh Kabupaten Semarang, bahwsanya mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam materi menulis puisi masih tergolong sulit karena siswa melakukan pembelajaranya hanya didalam kelas, sehingga kreatifitas siswa kurang berkembang dan mempengaruhi hasil belajar siswa yang terhitung rendah. Untuk itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan metode Outdoor Learning guna meningkatakan hasil belajar siswa kelas V Semester II MI Nurul Hikmah 02 Kedungringin Suruh Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan Siklus II, dimana setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data meliputi tes pre-test, post test, lembar pengamatan dan dokumen-dokumen. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahawa penerapan metode pembelajaran outdoor learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra-siklus sebelum menerapkan metode Outdoor Learning siswa yang tuntas hanya 9 siswa (40,9%), sedangkan 13 siswa (59,1%) belum tuntas. Pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa (59,1%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 9 siswa (40,9%) dan dapat diketahui bahawa dari pra-siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebanyak 4 siswa (18, 18%). Dan pada siklus II menunjukkan siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa (86,3%), sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa (13,7%) dan mengalami penigkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 6 siswa (27,27%) jadi dapat disimpulkann dari setiap siklus mengalami peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2018 02:06
Last Modified: 24 Oct 2018 02:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4357

Actions (login required)

View Item View Item