Upaya Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Melalui Media Film Animasi pada Anak Kelompok B Tahun 2017/2018 TK Islam As-Salam Desa Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018

Amalia, era Rizkiana (2018) Upaya Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Melalui Media Film Animasi pada Anak Kelompok B Tahun 2017/2018 TK Islam As-Salam Desa Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini tentang upaya mengembangkan kecerdasan naturalis anak melalui media film animasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana media film animasi dapat meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam As-Salam Tuntang. Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu apakah media film animasi dapat meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak kelas B di TK Islam As-Salam Tuntang tahun pelajaran 2017/2018? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelompok B TK Islam As-Salam Tunang. Pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes buatan peneliti. Analisis data yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif kualitatif yaitu mendiskripsikan data yang diperoleh melalui instrument penelitian pada tiap siklusnya. Adapun subjek penelitian terdiri dari 12 anak, yaitu 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan siklus I siklus II dan Siklus III sebagai berikut, pada Siklus I diperoleh data 57%, pada Siklus II diperoleh data 71% dan pada Siklus III diperoleh data 90%. Maka dari itu peningkatan dari Siklus I ke Siklus III adalah 33%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media film animasi dapat mengembangkan kecerdasan naturalis pada anak TK B di TK Islam As-Salam Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Setelah penelitian disarankan guru menerapkan model pembelajaran inovatif disertai penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar yang dicapai siswa dapat optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu murni
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2018 02:30
Last Modified: 24 Oct 2018 02:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4360

Actions (login required)

View Item View Item