NILAI-NILAI KETELADANAN RASULULLAH(Telaah Kitab Ar-Rasul Al-Mu’allim Wa Asalibuhu Fi At-Ta’lim Karya Abdul Fattah Abu Ghuddah)

SANTOSO, PUJI (2018) NILAI-NILAI KETELADANAN RASULULLAH(Telaah Kitab Ar-Rasul Al-Mu’allim Wa Asalibuhu Fi At-Ta’lim Karya Abdul Fattah Abu Ghuddah). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
puji santoso.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang nilai-nilai keteladanan Rasulullah dalam kitab Ar-Rasul Al-Mua’llim Wa Asalibuhu Fi At-Ta’lim karya Syekh Abdul Fattah Abu Ghuddah. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini sebagai berikut: (1) Apa signifikansi nilai-nilai keteladanan Rasulullah dalam kitab Ar-Rosul al-Mu’allim wa Asalibuhu fi at-Ta’lim karya Abdul Fattah Abu Ghuddah?, (2) Bagaimana relevansi nilai-nilai keteladanan Rasulullah dalam kitab Ar-Rosul al-Mu’allim wa Asalibuhu fi at-Ta’lim karya Abdul Fattah Abu Ghuddah dengan praktek pendidikan saat ini?, (3) Bagaimana implikasinya?. Skripsi ini merupakan penelitian studi kepustakaan atau library research. Seluruh data baik dari data primer dan data sekunder diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan diskristif analisis isi atau content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, nilai-nilai keteladanan yang terdapat dalam kitab ar-rosul al-mu’allim wa asalibuhu fi at-ta’lim karya Syekh Abdul Fattah Abu Ghuddah meliputi: memudahkan dan tidak memberatkan, kasih sayang, sabar, lemah lembut, adil, rendah hati dan sederhana memiliki peran penting demi terwujudnya tujuan pendidikan. Kedua, pemikiran Syekh Abdul Fattah Abu Ghuddah tentang nilai-nilai keteladanan masih sangat relevan jika diterapkan pada zaman sekarang. Ini berdasarkan refleksi terhadap realitas yang ada. Nilai keteladanan yang terdapat dalam karangan beliau bersifat tetap, dimanapun dan kapanpun nilai-nilai tersebut akan terus berlaku. Hal itu berdasarkan al-Quran dan Hadis Nabi. Dimana keduanya berlaku sepanjang hayat tidak dipengaruhi tempat dan waktu. Ketiga, keteladanan memiliki dampak atau implikasi yang sangat berpengaruh terhadap seseorang. Hal ini disebabkan oleh karena manusia cenderung untuk meniru atau mencontoh perbuatan yang dilakukan oleh orang lain. Terlebih lagi bagi anak didik yang masih berada dalam masa perkembangan dan pertumbuhan, mereka menganggap apa yang dilakukan oleh gurunya merupakan tindakan yang layak untuk dicontoh dan diikuti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2018 02:39
Last Modified: 24 Oct 2018 02:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4364

Actions (login required)

View Item View Item