PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) POKOK BAHASAN KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM BANCAK, KEC.BANCAK, KAB.SEMARANG TAHUN 2014/2015

Alfiah, . (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) POKOK BAHASAN KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM BANCAK, KEC.BANCAK, KAB.SEMARANG TAHUN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Alfiah_11510012.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan semangat belajar siswa kelas IV MI Darussalam Bancak terhadap pelajaran IPS. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya variasi metode pembelajaran, seperti ceramah atau ekspositoris yan g ternyata belum dapat membangkitkan minat siswa dalam pembelajaran, yang pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajar siswa terhadap materi yang disampaikan. Masalah yang dikaji adalah Apakah penerapan media flash card dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS pada siswa kelas IV MI Darussalam Bancak, Kec. Bancak, Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (class action research) dengan flash card. Data dalam peneliti ini diambil dengan metode observasi atau melihat perilaku siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dan metode dokumentasi berupa nilai evaluasi siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan tindakan membuahkan hasil, berupa peningkatan hasil belajar Keragaman suku bangsa dan budaya pada siswa kelas IV MI Darusslam Bacak Kec. Bancak Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Terjadi peningktanhasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Dari hasil evaluasi, yang diperoleh pada siklus I rata-rata pre test 53 sedangkan pada pos tes adalah 68,5. Dari hasil rata-rata antara pre test dan post test mengalami peningkatan sebesar 15,5. Pada siklus II rata-rata pre test 64 sedangkan pada post tes adalah 72,5. Dari hasil rata-rata antara pre test dan post test mengalami peningkatan sebesar 8,5. Pada siklus III rata-rata pre test 66 sedangkan pada post tes adalah 81. Dari hasil rata-rata antara pre test dan post test mengalami peningkatan sebesar 15. Sampai siklus III menunjukkan peningkatan yang signifikan yang dapat dilihat dari meningkatnya nilai yang diperoleh pada nilai pre test dan post test setiap siklus. Meningkatnya nilai siswa ini memberi bukti bahwa hasil belajar siswa pada materi keragaman suku bangsa dan budaya meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2016 07:46
Last Modified: 22 Feb 2016 07:46
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/437

Actions (login required)

View Item View Item