PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS KELAS II SEMESTER II MI MA’ARIF DUKUH KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RATNASARI, CATUR NILA (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS KELAS II SEMESTER II MI MA’ARIF DUKUH KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi operasi hitung campuran dengan penerapan media permainan ular tangga pada siswa kelas II MI Ma’arifDukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun Ajaran 2017/2018. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas II MI Ma’arif Dukuh dan siswa kelas II MI Ma’arif Dukuh yang terdiri dari 20 siswa yaitu 6 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis (essay singkat), lembar observasi guru dan siswa, serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan nilai hasil belajar tiap siklus yang berpatokan pada KKM MI Ma’arif Dukuh yakni 65 dengan Ketuntasan Klasikal yakni ≥85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar Matematika pada tiap siklus. Mulai dari pra siklus sebelum dilakukan tindakan, siswa yang mencapai ketuntasan hanya 25% dari keseluruhan jumlah siswa. Pada siklus I setelah menerapkan media permainan ular tangga, siswa yang tuntas KKM 65 sebanyak 12 siswa atau 60% dari keseluruhan siswa yang berjumlah 20 anak dengan nilai rata-rata 65. Hal ini menunjukan peningkatan sebesar 35% dari pra siklus ke siklus I. Pada siklus II setelah menggunakan media permainan ular tangga, siswa yang tuntas KKM 65 sebanyak 14 siswa atau 70% dari keseluruhan siswa yang berjumlah 20 anak dengan nilai rata-rata 75. Hal ini menunjukan peningkatan sebesar 10% dari siklus I ke siklus II. Pada siklus III setelah menggunakan media permainan ular tangga, siswa yang tuntas KKM 65 sebanyak 17 siswa atau 85% dari keseluruhan siswa yang berjumlah 20 anak dengan nilai rata-rata 81. Hal ini menunjukan peningkatan sebesar 15% dari siklus II ke siklus III

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2018 03:21
Last Modified: 24 Oct 2018 03:21
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4374

Actions (login required)

View Item View Item