Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Melalui Strategi Mind Mapping Dan Media Kain Ajaib Pada Siswa kelas V di MI Khoirulmunna Ma’arif Watuagung kec. Tuntang, kab. Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018

Arafah, Lhaila Yulif (2018) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Melalui Strategi Mind Mapping Dan Media Kain Ajaib Pada Siswa kelas V di MI Khoirulmunna Ma’arif Watuagung kec. Tuntang, kab. Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi fix.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MI Khoirulmunna Ma’arif Watuagung kec. Tuntang, kab. Semarang mata pelajaran Matematika dengan menggunakan strategi mind mapping dan media kain ajaib. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah Apakah strategi mind mapping dan media kain ajaib dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Matematika materi sifat-sifat bangun datar kelas V MI Ma’arif Khoirulmunna Watuagung Kec. Tuntang Kab. Semarang tahun pelajaran 2017/1018?. Guna menjawab permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrument penelitian lainnya. 2) Acting, melaksanakan pembelajran pada mata pelajaran Matematika tentang bangun datar dan sifat-sifatnya. 3) Observing, pengambilan data tentang hasil melalui tes tertulis dan lembar pengamatan. 4) Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V MI Ma’arif Khoirulmunna Watuagung Kec. Tuntang Kab. Semarang yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 11siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan strategi mind mapping dan media kain ajaib pada saat pembelajaran Matematika. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan strategi mind mapping dan media kain ajaib dapat menarik perhatian siswa dalam pelajaran Matematika. Dapat dilihat dari hasil pengamatan siswa terhadap perhatian belajar siswa menunjukkan, siklus 1 yang nilainya memenuhi KKM (53,33%) dan siklus 2 (86,66%). Sedangkan yang belum mencapai KKM adalah (46,66) pada siklus 1 dan (13,33) pada siklus 2. Jadi dengan menggunakan strategi mind mapping dan media kain ajaib yang tepat mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini peningkatan hasil belajar siswa dapat meningkat, dilihat dari rata-rata kelas yaitu 68,66% pada siklus 1 dan 86,66% pada siklus 2

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2018 07:00
Last Modified: 24 Oct 2018 07:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4410

Actions (login required)

View Item View Item