Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Penjelasan Narasumber menggunakan Metode Student Teams Achievement Divisions dengan Media Audio Visual Gerak pada Siswa Kelas V Semester I MI Darussalam Rejosari kecamatan Bancak Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019

Lestari, Puji (2018) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Penjelasan Narasumber menggunakan Metode Student Teams Achievement Divisions dengan Media Audio Visual Gerak pada Siswa Kelas V Semester I MI Darussalam Rejosari kecamatan Bancak Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
BAB 12345 KOMPLIT.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Teks Penjelasan Narasumber pada siswa kelas V MI Darussalam Rejosari Bancak Kabupaten Semarang. Pernyataan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode Student Teams Achievement Divisions dengan media audio visual gerak dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia Materi Teks penjelasan Narasumberpada siswa kelas V MI Darussalam Rejosari Bancak Kabupaten Semarang Tahun Pelajarann 2018/2019, untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Keriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran Bahsa Indonesia materi Teks Penjelasan Narasumber pada siswa kelas IV MI Darussalam Rejosari Bancak Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Dengan metode kooperatifstudent teams achievement divisions dengan media audio visual gerak ada peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat kondisi awal yaitu 25% siswa yang tuntas belajar. Pada siklus I meningkat menjadi 68,75% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 94,75% siswa tuntas . berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode student teams achievement divisions dan media audio visual gerakdapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Teks Penjelasan narasumber pada siswa kelas V MI Darussalam Rejosari Bancak Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2018 07:11
Last Modified: 24 Oct 2018 07:11
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4412

Actions (login required)

View Item View Item