Peran Komunikasi Interpersonal Sebagai Pendorong Keberhasilan Dalam Pendidikan (Studi Kasus Pada Keluarga Tunanetra Botokan Jatirejo Lenda Kulon Progo Yogyakarta Tahun 2017)

Lestari, Puji (2018) Peran Komunikasi Interpersonal Sebagai Pendorong Keberhasilan Dalam Pendidikan (Studi Kasus Pada Keluarga Tunanetra Botokan Jatirejo Lenda Kulon Progo Yogyakarta Tahun 2017). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana cara komunikasi interpersonal orang tua (tunanetra) dengan anak sebagai pendorong keberhasilan dalam pendidikan (Studi Kasus Pada Keluarga Tunanetra Botokan Jatirejo Lendah Kulon Progo Yogyakarta Tahun 2017). 2) Bagaimana peran orang tua (tunanetra) sebagai pendorong keberhasilan dalam pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitan kualitatif menggunakan pendekatan field research. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, hasil data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, kemudian ditariklah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Cara komunikasi interpersonal orang tua (tunanetra) dengan anak sebagai pendorong keberhasilan dalam pendidikan menggunakan dua bentuk komunikasi yaitu komunikasi verbal; berupa komunikasi secara langsung saling berbincang-bincang satu dengan yang lainnya, dan komunikasi non verbal; menggunakan kode dan sentuhan, proses komunikasi dilakukan dengan santai, adil, terbuka dan tidak membedakan antara status orang tua dan anak, dengan demikian peran dari komunikasi interpersonal yang baik dari orang tua dengan anak dapat mendorong keberhasilan pendidikan. 2) Peran orang tua (tunanetra) sebagai pendorong keberhasilan dalam pendidikan. orang tua (tunanetra) mempunyai peran penting dalam mendorong keberhasilan pendidikan bagi anaknya dengan mendoakan keberhasilan anak dan memberikan fasilitas pendidikan sesuai kemampuan yang dimiliki, pemberian perhatian dan harapan kehidupan yang lebih baik merupakan keinginan orang tua (tunanetra) kepada anaknya, melihat perjuangan dan keinginan orang tua yang begitu besar membuat anak terdorong untuk mendapatkan keberhasilan pendidikan agar dapat mengangkat derajat orang tua, membahagiakan orang tua dan memperoleh masa depan yang lebih baik, dengan demikian peran dari orang tua terbukti berhasil dalam mendorong keberhasilan pendidikan bagi anak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2018 07:14
Last Modified: 24 Oct 2018 07:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4413

Actions (login required)

View Item View Item