Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV Mi Miftahun Najihin Kauman Lor Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018

Khoiruddin, Abid (2018) Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV Mi Miftahun Najihin Kauman Lor Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya peningkatan hasil belajar siswa yang dilatarbelakangi dengan adanya kenyataan hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahun Najihin Kauman Lor dalam pembelajaran IPS tergolong masih rendah. Oleh karena itu Guru diharapkan menerapkan metode pembelajaran yang meningkatkan hasil belajar. Masalah utama yang akan dijawab dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah : Apakah penerapan Model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi pada siswa kelas IV MI Miftahun Najihin Kauman Lor tahun pelajaran 2017/2018 Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas sebanyak dua putaran (siklus). Setiap putaran dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Miftahun Najihin Kauman Lor tahun ajaran 2017-2018 dengan jumlah siswa 27 terdiri atas laki-laki 12 dan perempuan 15. Data yang didapat dari test dan pengamatan. Berdasarkan hasil temuan dan analisis didapatkan kesimpulan bahwa model mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Teknologi produksi, komunikasi dan transportasi siswa kelas IV MI Miftahun Najihin Kauman Lor tahun ajar 2017/2018. Peningkatan hasil belajar tersebut dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-ratahasil belajar dan presentase ketuntasan belajar siswa. pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 74,4% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,8%. Siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan pada siklus I sebanyak 16 orang dan naik menjadi 27 orang atau keseluruhan pada siklus II

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2018 07:21
Last Modified: 24 Oct 2018 07:21
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4415

Actions (login required)

View Item View Item