Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Thaharoh (Wudhu dan Tayamum) Dengan Metode Al- Tathbiq Pada Siswa Kelas VII MTs. Tarqiyatul Himmah Kecamatan Pabelan Tahun Pelajaran 2017/2018

SARI, DITA ATIKA (2018) Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Thaharoh (Wudhu dan Tayamum) Dengan Metode Al- Tathbiq Pada Siswa Kelas VII MTs. Tarqiyatul Himmah Kecamatan Pabelan Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar materi fiqih (wudhu dan tayamum) dengan metode al-tathbiq pada siswa kelas VII MTs. Tarqiyatul Himmah Kecamatan Pabelan Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditmpuh dalam 2 siklus. Dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penlitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di MTs. Tarqiyatul Himmah Kecamatan Pabelan tepatnya pada kelas VII A yang berjumlah 29 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan obesrvasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian Pra siklus menunjukkan siswa yang tuntas pada pembelajaran fiqih materi thaharoh (wudhu dan tayamum) sebanyak 11 orang dari jumlah keseluruhan yaitu 29 orang dengan prosentase 38%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 15 orang dari jumlah keseluruhan 29 orang dengan prosentase 51%. Sedangkan pada siklus II semuanya tuntas dengan jumlah siswa 29 orang dengan prosentase 100%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode al- tathbiq dapat meningkatkan hasil belajar fiqih mteri thaharoh (wudhu dan Tayamum) pada siswa kelas VII Semester I di MTs. Tarqiyatul Himmah Kecamatan Pabelan Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Hadits
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:23
Last Modified: 25 Oct 2018 02:23
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4433

Actions (login required)

View Item View Item