STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU BANYUMANIK SEMARANG

Sholaemah, Aziyah (2014) STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU BANYUMANIK SEMARANG. Diploma thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Aziah Sholaemah_20111014.pdf

Download (932kB) | Preview
[img] Text
Aziyah Sholemah - 20111014_0001.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Perbankan syariah merupakan salah satu perbankan yang kegiatannya didasarkan pada prinsip syariah, yang terbebas dari riba. Penulisan Tugas Akhir ini yaitu, untuk mengetahui prosedur pembiayaan murabahah di BSM KCP Banyumanik, Strategi yang digunakan BSM Banyumanik dalam memasarkan produk pembiayaan murabahah serta kendala dalam memasarkan pembiayaan murabahah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif dan deskriptif dimana dalam menganalisa data menggunakan penelitian data terlebih dahulu melalui observasi, wawancara, dokementasi dan Studi Kepustakaan, disusun, dikelompokkan berdasarkan teori agar diperoleh laporan yang baik. Hasil dari penelitian tugas akhir ini yaitu, Prosedur pengajuan pembiayaan di BSM KCP Banyumanik tidak begitu rumit dan sudah sesuai dengan teori yang ada. Dalam memasarkan pembiayaan murabahah BSM KCP Banyumanik menggunakan strategi jemput bola, referensi dari teman, nasabah yang top up, promosi dengan menyebar brosur, serta kendala dalam memasarkan pembiayaan murabahah yaitu ada 2 faktor, yakni faktor internal dan eksternal, dimana faktor internalnya yaitu para marketing mikro belum begitu menguasai produk perbankan syariah dan faktor eksternal kurang pengetahuannya masyarakat mengenai produk perbankan syariah serta persaingan antar bank. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, penulis dapat menyimpulkan bahwa prosedur pengajuan pembiayaan murabahah di Bank Syariah Mandiri KCP Banyumanik sudah sesuai dengan teori yang ada, strategi dalam memasarkan produk pembiayaan murabahah belum begitu efektif karena unsur 4P yang paling dominan adalah unsur promosi saja, hanya saja harus ditambah dengan memperkenalkan produk pembiayaan murabahah kepada masyarakat luas dengan menggunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami agar masyarakat lebih paham mengenai produk Bank Syariah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2016 01:29
Last Modified: 03 Jan 2022 14:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item View Item