Implementasi Lesson Study Dalam Pembelajaran Fikih di MA Al-ManarBenerTahun 2017/2018

PUSPITASARI, YUNITA RIA (2018) Implementasi Lesson Study Dalam Pembelajaran Fikih di MA Al-ManarBenerTahun 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
pdf skripzi-converted (1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan lesson studyyaitu untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana peserta didik belajar dan guru mengajar, memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran, dan membangun sebuah pengetahuan pedagogis dimana para guru menimba pengetahuan dari guru lain. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah : 1) Bagaimana implementasi lesson study dalam pembelajaran fikih di MA Al-Manar Bener tahun 2017/2018. 2) Bagaimana hasil dari implementasi lesson study dalam pembelajaran fikih di MA-Al-Manar Bener tahun 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan observasi, terkait implementasi lesson study dalam pembelajaran fikih, wawancara melalui guru model dalam pembelajaran fikih, kelompok lesson study antara lain Bapak Makmun Santoso, M.Pd.I (Kepala Sekolah MA), Bapak Rohmat Hidayat, S.Pd.I (Waka kurikulum), Bapak Prehanto, S.Pd.I (Guru Bahasa Arab), Ibu Kusumaningrum Baroroh, S.Ag. (Guru SKI/Matematika), ibu Anggar Indramiki, S.Pd. (Guru Geografi) dan Bapak Arif Hidayatulloh, S.Pd.I (Guru Ilmu Kalam/Akidah Akhlak), peserta didik, yang terakhir dokumentasi. Temuan peneliti ini menunjukkan bahwa: Salah satu faktor yang menentukan mutu pendidikan adalah profesionalisme guru.Peneliti terlibat langsung dengan aktivitas orang yang diamati dalam penerapan lesson study yang dimulai dari plan, do dan see. Penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan lesson study dalam pembelajaran fikih di MA Al-Manar Bener dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan penerapan lesson study yaitu plan (perencanaan), dimana guru fikih dan kelompok kerja dari lesson study dapat menyususn RPP sesuai dengan tujuan dan standar kompetensi pembelajaran fikih, tahap do (pelaksanaan), dimana guru fikih melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang sudah dibuat bersama dengan kelompok lesson study. Terakhir, tahap see (refleksi), dimana guru fikih mampu merubah diri dalam mengajar berdasarkan masukan dari guru sejawat yang menjadi observer dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2018 03:19
Last Modified: 25 Oct 2018 03:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4444

Actions (login required)

View Item View Item