Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Dinasti Bani Umayyah Pelopor Kemajuan Peradaban Islam Melalui Metode Mind Map Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Salatiga Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

ISLAMIYAH, ALFINALIA MAULANI (2018) Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Dinasti Bani Umayyah Pelopor Kemajuan Peradaban Islam Melalui Metode Mind Map Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Salatiga Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI JADI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam melalui metode Mind Map pada siswa Kelas VII F MTs Negeri Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik Kelas VII F MTs Negeri Salatiga. Proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua siklus dengan metode mind map. Subyek penelitian sebanyak 35 siswa. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Mind Map pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam mempermudah bagi guru dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan dan mengoptimalkan atau menuntaskan prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian dan pembahasan dapat meningkatkan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi Dinasti Bani Umayyah Pelopor Kemajuan Peradaban Islam pada siswa kelas VII F MTs Negeri Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 dan mempermudah guru dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil rata-rata setiap siklusnya. Pada prasiklus nilai rata-rata yaitu 63,71. Nilai rata-rata tersebut meningkat pada siklus I yaitu 73,85 dan pada siklus II nilai rata-ratanya yaitu 85,62. Apabila dilihat dari perolehan nilai tertinggi pada setiap siklusnya juga mengalami peningkatan. Pada prasiklus nilai tertinggi yaitu 85, pada siklus I nilai tertinggi yaitu 95, dan pada siklus II nilai tertinggi yaitu meningkat menjadi 100. Persentase ketuntasan belajar peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu pada prasiklus yang tuntas hanya 34%, pada siklus I meningkat menjadi 69%, dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, dan orang tua) untuk dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2018 04:13
Last Modified: 25 Oct 2018 04:13
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4451

Actions (login required)

View Item View Item