Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Balok dan Kubus dengan Metode Number Head Together (NHT) dan Index Card Match (ICM) pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Ngemplak, Kec. Kandangan, Kab. Temanggung Tahun Ajaran 2017/2018

HIDAYAH, FATIMATUL (2018) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Balok dan Kubus dengan Metode Number Head Together (NHT) dan Index Card Match (ICM) pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Ngemplak, Kec. Kandangan, Kab. Temanggung Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
hida 2018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar yang diperoleh siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngemplak, Kec. Kandangan, Kab. Temanggung Tahun Ajaran 2017/2018 pada mata pelajaran Matematika masih rendah rata-rata kelas hanya mencapai 6,1 hal ini karena dalam menyampaikan pelajaran matematika, guru menggunakan metode kurang tepat dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan Metode Number Head Together (NHT) dan Index Card Match (ICM) dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran dalam membelajarkan Matematika. Tujuan dari metode ini untuk mengarahkan pemahaman siswa pada pembelajran aktif yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran agar siswa lebih mampu memahami materi, dan belajar matematika menjadi lebih menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subyek penelitian ini siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngemplak Tahun 2018 yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian yang telah dilaksanakan pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngemplak, kandangan, Temanggung menunjukkan hasil bahwa penggunaan metode Number Head Together (NHT) dan Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang. Pada pra siklus yang tuntas sebanyak 11 siswa atau 55% dan yang belum tuntas 9 siswa atau 45%, siklus I siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 75% dan yang belum tuntas 5 siswa atau 25% dengan rata-rata kelas 70 , siklus II yang tunta

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2018 08:04
Last Modified: 25 Oct 2018 08:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4468

Actions (login required)

View Item View Item