Peningkatan Hasil Belajar Fiqh Materi Riba dengan Metode Make A Match pada Siswa Kelas XI TKR 1 SMK Muhammadiyah Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018

Wahyuni, Sri (2018) Peningkatan Hasil Belajar Fiqh Materi Riba dengan Metode Make A Match pada Siswa Kelas XI TKR 1 SMK Muhammadiyah Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi adanya permasalahan dalam penggunaan metode pembelajaran yang menjadikan hasil belajar siswa menjadi kurang baik. Hal itu didapat dari hasil belajar siswa pada nilai UTS. Dalam kasus yang terjadi di SMK Muhammadiyah Salatiga ini guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, dimana guru lebih aktif berbicara dan siswa cenderung diam untuk mendengarkannya. Penyampaian seperti ini menyebabkan siswa cenderung pasif dan merasa bosan sehingga siswa tidak dapat menguasai materi dengan baik. Untuk mengatasi itu semua peneliti menyarankan untuk menggunakan metode baru sebagai cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode make a match adalah metode yang dapat mengaktifkan anak dalam pembelajaran, dengan ciri utama yaitu menggunakan kartu dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Fiqh materi riba pada siswa kelas XI TKR 1 SMK Muhammadiyah Salatiga setelah diterapkan metode make a match. Dengan penerapan metode make a match dapat diketahui hasil belajar Fiqh materi riba pada siswa kelas XI TKR 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 mengalami peningkatan. Dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini dapat diketahui peningkatan hasil belajar melalui 2 (dua) siklus. Berdasarkan hasil siklus 1 dan siklus 2 dengan melihat data dari pra siklus maka dapat diperoleh data bahwa, siswa yang belum tuntas pada pra siklus mencapai 47% atau 14 siswa dari 30 siswa. Sedangkan yang sudah tuntas sebesar 53% atau 16 siswa. Sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 23, 4% atau 7 siswa yang belum mencapai ketuntasan, 76, 6% atau 23 siswa telah mencapai ketuntasan. Pada siklus II mengalami peningkatan semakin tinggi dengan 3, 4% atau 1 siswa yang belum tuntas dan 96, 6% atau 29 siswa telah mencapai ketuntasan. Melihat peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus 1 sampai siklus 2 yang mengalami perkembangan, maka penerapan metode make a match dapat meningkatkan hasil belajar Fiqh materi riba pada siswa kelas XI TKR 1 SMK Muhammadiyah Salatiga tahun pelajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2018 01:17
Last Modified: 29 Oct 2018 01:17
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4487

Actions (login required)

View Item View Item