Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dan Kemampuan Bersosialisasi dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas III SD Negeri Kesongo 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/ 2018

Ulinnuha, Ulinnuha (2018) Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dan Kemampuan Bersosialisasi dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas III SD Negeri Kesongo 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ULINNUHA_11514065_HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN KE.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimanakah variasi nilai perhatian orang tua siswa kelas III SD Negeri Kesongo 01 2) Bagaimanakah variasi nilai kemampuan bersosialisasi siswa kelas III SD Negeri Kesongo 01 3) Bagaimanakah variasi nilai hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas III SD Negeri Kesongo 01 4) Adakah hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas III SD Negeri Kesongo 01 5) Adakah hubungan antara kemampuan bersosialisasi dengan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas III SD Negeri Kesongo 01 6) Adakah hubungan antara perhatian orang tua dan kemampuan bersosialisasi dengan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas III SD Negeri Kesongo 01 Peneliti, menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 53 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk mengumpulkan data perhatian orang tua, kemampuan bersosialisasi, dan hasil belajar mata pelajaran IPS diperoleh melalui dokumen nilai UAS IPS semester ganjil. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan rumus analisis statistik regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) variasi nilai perhatian orang tua dengan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas III SD Negeri Kesongo 01 Tahun Pelajaran 2017/ 2018, termasuk dalam kategori tinggi sebesar 77,36%, 2) variasi nilai kemampuan bersosialisasi dengan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas III SD Negeri Kesongo 01 Tahun Pelajaran 2017/ 2018, termasuk dalam kategori tinggi sebesar 62,27%, 3) variasi nilai hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas III SD Negeri Kesongo 01 Tahun Pelajaran 2017/ 2018, termasuk dalam kategori tinggi sebesar 56,60%, 4) Ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas III SD Negeri Kesongo 01, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi variabel X1 (perhatian orang tua) sebesar 0,793 tanda b “+” yang berarti arah hubungan hasil belajar mata pelajaran IPS dengan perhatian orang tua adalah positif. 5) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan bersosialisasi dengan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas III SD Negeri Kesongo 01, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi variabel X2 (kemampuan bersosialisasi) sebesar 0,357 tanda b “+” yang berarti arah hubungan hasil belajar mata pelajaran IPS dengan kemampuan bersosialisasi adalah positif. 6) Ada hubungan antara perhatian orang tua dan kemampuan bersosialisasi secara bersama-sama dengan hasil belajar mata pelajaran IPS. Hal ini terbukti dengan koefisien korelasi ganda dari hasil hitung sebesar 0,459. Diperoleh F hitung > F tabel atau 6,69 > 3,23. Bentuk persamaan regresi adalah Y=46,315+0,793X1+0,357X2 karena tanda “+” maka terdapat arah hubungan yang positif. Jadi ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dan kemampuan bersosialisasi dengan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas III SD Negeri Kesongo 01

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2018 01:27
Last Modified: 29 Oct 2018 01:27
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4490

Actions (login required)

View Item View Item