Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay Variasi Talking Stick Berbasis Magic Disc Pada Kelas IV Di MIN 1 Semarang Tahun Ajaran 2017/2018

Handayani, Diyah Sri (2018) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay Variasi Talking Stick Berbasis Magic Disc Pada Kelas IV Di MIN 1 Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar yang diperoleh siswa kelas IV MIN 1 Semarang Tahun 2017/2018 pada pelajaran Matematika materi bangun datar masih rendah dengan rata-rata kelas hanya mencapai 61.30 sedangkan KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 68. Hal ini karena guru belum menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran tidak banyak melibatkan siswa dan terkesan teacher centered. Hal tersebut membuat pembelajaran monoton. Suasana pembelajaran juga kurang menyenangkan dan tampak menegangkan, sehingga membuat siswa kurang semangat mengikuti pembelajaran. Siswa tidak merespon dan hanya diam ketika guru bertanya.. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay variasi Talking Stick berbasis Magic Disc dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran Matematika. Model ini mengarahkan pemahaman siswa pada pembelajaran aktif yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran agar siswa lebih mampu memahami materi, dan belajar Matematika menjadi lebih menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran kooperatif Course Review Horay variasi Talking Stick berbantuan media Magic Disc. Data dalam peneliti ini diambil dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, dokumentasi dan observasi terhadap siswa. Hasil berupa peningkatan hasil belajar bangun datar pada siswa kelas IV MIN 1 Semarang dengan jumlah 23 siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas sesuai KKM sebanyak 12 siswa atau 52,14% dengan rata-rata kelas 61,30, siklus II yang tuntas sebanyak 19 siswa atau 82,60% dan rata-rata kelasnya 85,21. Dengan melihat hasil kedua siklus di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Course Review Horay variasi Talking Stick berbasis Magic Disc dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2018 02:01
Last Modified: 29 Oct 2018 02:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4497

Actions (login required)

View Item View Item