Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Makanan Minuman Halal dan Haram dengan Metode Talking Stick pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 3 Suruh Tahun Pelajaran 2017/2018

YUSTIA, DITA AYU (2018) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Makanan Minuman Halal dan Haram dengan Metode Talking Stick pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 3 Suruh Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dalam proses pembelajaran PAI di kelas VIII C SMP N 3 Suruh, yaitu keaktifan belajar siswa masih rendah, dan metode pembelajaran yang digunakan guru monoton yang membuat siswa cepat bosan dan tidak memerhatikan. Sehingga pembelajaran PAI belum mencapai KKM, yang artinya hasil belajar atau prestasi belajar PAI di kelas VIII C masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, seharusnya guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang tepat agar dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. salah satunya dapat dilaksanakan dengan penerapan metode pembelajaran talking stick. Talking stick merupakan sebuah metode pembelajaran yang berorientasi pada penciptaan kondisi dan suasana belajar aktif dari siswa karena adanya unsur permainan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian yang ingin dicapai dari skripsi ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar belajar Pendidikan Agama Islam materi makanan minuman halal dan haram dengan metode talking stick pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Suruh tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research/Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam penerapan metode talking stick dalam mata pelajaran PAI materi makanan minuman halal dan haram. Metode observasi digunakan untuk mengetahui dan menilai aktivitas siswa dan guru dalam KBM berlangsung. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian ini memiliki data dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Hasil dari penelitian ini mulai siklus I dan siklus II mengalami peningkatan ketuntasan siswa. Siklus I memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa adalah 19 siswa atau persentasenya adalah 59,37%. Data ketuntasan siswa yang dimiliki siklus II yaitu sebanyak 29 siswa yang tuntas dan dalam persentasenya adalah 90,62% sehingga, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa atau sebanyak 31,25%, sehingga hasil siklus II yaitu 90,62% yang artinya melebihi KKM klasikal yaitu 85%. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Suruh

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2018 02:09
Last Modified: 29 Oct 2018 02:09
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4500

Actions (login required)

View Item View Item