Peningkatan Hasil Belajar Fikih Materi Sedekah Dengan Metode Simulasi Pada Siswa Kelas VIII MTs Yasinta Salatiga Tahun Pelajaran2017/2018

FARISKY, MUFTI IMA (2018) Peningkatan Hasil Belajar Fikih Materi Sedekah Dengan Metode Simulasi Pada Siswa Kelas VIII MTs Yasinta Salatiga Tahun Pelajaran2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ima.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui metode Simulasi pada siswa kelas VIII di MTs Yasinta Salatiga. Penelitian ini bertujuan untuk menanyakan adakah peningkatan hasil belajar fikih materi Sedekah pada siswa kelas VIII MTs Yasita Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan Metode Simulasi? Penerapan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian dilakukan dengan 2 siklus yang setiap siklusnya terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Yasinta Salatiga, sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, soal tes tertulis. Berdasarkan analisis, hasil tes dan observasi yang sudah dilakukan peneliti diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kegiatan belajardanaktivitas siswa sehinggahasilbelajarsiswa meningkat pada setiap siklusnya. Hasil nilai rata-rata pada siklus I 70,89 dengan persentase ketuntasan 38,89%. Pada siklus II meningkat lagi dengan nilai rata-rata siswa 87,5 dengan persentase ketuntasan 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Metode Simulasi dapat meningkatan hasil belajar Fikih pada siswa kelas VIII MTs Yasinta Salatiga tahun pelajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2018 02:36
Last Modified: 29 Oct 2018 02:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4507

Actions (login required)

View Item View Item