PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MI MA’ARIF NU MANGUNSARI CABEAN KEC SIDOMUKTI KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SARI, TRI NOVITA (2018) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MI MA’ARIF NU MANGUNSARI CABEAN KEC SIDOMUKTI KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI jadi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan diadakan karena peneliti ingin mengetahui tentang peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MI Ma’arif NU Mangunsari Cabean, Kec. Sidomukti, Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018.Permasalahan yang muncul dan ingin dijawab oleh peneliti adalah Bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan fungsinya dan bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah menghadapi kendala dalam menjalankan tugasnya. Metode penelitiannya inimenggunakan pendekatan kualitatif.Subyek penelitian adalah kepala sekolah MI Ma’arif NU Mangunsari.Analisis data model interaktif yang diperoleh dari data lapangan, reduksi data, penyajian data, verifikasi.Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triagulasi yang meliputi 3 sumber data hasil observasi, data hasil wawancara, data hasil dokumentasi. Berdasarkan hasilpenelitian,Kepala sekolah di MI Ma’arif NU Mangunsari:1).Sebagai educator, kepala sekolah mengajarkan teladan yang baik; 2).Manager, kepala sekolah melaksanakan program jangka panjang dan jangka pendek. Memberikan dorongan kepada guru untuk melanjutkan pendidikan, pelatihan serta workshop; 3).Administrator, kepala sekolah memiliki kemampuan untuk mengelola kurikulum, sehingga MI Ma’arif NU Mangunsari sekolah pertama yang menggunakan Kurukulum 2013 dan sebagai pelopor kurikulum 2013 di Kota Salatiga; 4).Supervisor, kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik secara formal dua kali dalam satu semester dan secara nonformal dua kali dalam dua minggu untuk mengevaluasi guru dalam menguasai kompetensi; 5).Sebagai Leader, kepala sekolah mampu menggerakkan seluruh komponen sekolah, termasuk juga dalam menjalin hubungan baik dengan semua warga dan mampu berkomunikasi dengan baik dengansemua masyarakat,baik didalam sekolah dan di luar sekolah,kepemimpinan kepala sekolah juga menggunakan pendidikan berbasis modern, mengalami kemajuan yang sangat pesat; 6).Motivator, Kepala sekolah selalu memberikan motivasi kepada para guru agar senantiasa meningkatkan pengetahuan dan kompetensi diri, juga kepada para peserta didiknya. Kendala yang dimiliki sarana dan prasarana tidak seimbang, karena terbatasnya ruangan, tidak semua SDM bisa melaksanakan tugas sesuai dengan perintah. Solusi yang diberikan kepala sekolah untuk mengatasi kendala tersebut dengan memberikan bimbingan dan pelatihan untuk menambah wawasan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2018 03:17
Last Modified: 29 Oct 2018 03:17
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4515

Actions (login required)

View Item View Item