Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Bumi dan Alam Semesta Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Mi Islamiyah Karangpakel Sumberagung Kec. Klego Kab. Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018

HASANAH, HIMMATUL (2018) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Bumi dan Alam Semesta Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Mi Islamiyah Karangpakel Sumberagung Kec. Klego Kab. Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi adanya kenyataan bahwa hasil evaluasi yang didapatkan dari guru kelas menunjukan bahwa pencapaian kkm kelas yang dilihat dari kkm individu baru mencapai 26% dari target minimal 85%. Sedangkan pencapaian kkm nasional secara klasikal baru 16%. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi siswa masih dibawah standar kkm yang diharapkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi yang di peroleh peserta didik setelah di terapkannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan media gambar pada pembelajaran IPA siswa kelas V MI Islamiyah Karangpakel. Masalah yang ingin di jawab dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Media Gambar dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V MI Islamiyah Karangpakel? Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan media gambar. Subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas V MI Islamiyah Karangpakel. Data penelitian ini di ambil melalui pemberian tes formatif untuk mengetahui hasil belajar siswa, dengan materi pokok bumi dan alam semesta berdasarkan hasil penelitian maka model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA bagi siswa kelas V MI Islamiyah Karangpakel Tahun Ajaran 2017/2018. Siklus I ke siklus II terjadi kenaikan 20,79 dan pada siklus II ke siklus III terjadi kenaikan 13,69. Tercapainya target pencapaian KKM dari 19 siswa pada siklus I KKM individu sebanyak 5 siswa ( 26 %) terjadi peningkatan pada siklus II KKM individu sebanyak 13 siswa ( 68 %) dan peningkatan terjadi pada siklus III KKM individu sebanyak 18 siswa ( 95 %) jadi secara klasikal kelas melampaui KKM yang dipersyaratkan ≥ 85%. Penelitian Tindakan Kelas ini dinyatakan berhasil

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2018 03:33
Last Modified: 29 Oct 2018 03:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4518

Actions (login required)

View Item View Item