PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SKI MATERI KISAH NABI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS III MI ASAS ISLAM KALIBENING SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ADITYA, ERYEN BAYU (2018) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SKI MATERI KISAH NABI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS III MI ASAS ISLAM KALIBENING SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ERYEN SKRIPSI renew.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pada hakikatnya proses belajar mengajar adalah proses komunikasi. Dalam komunikasi sering terjadi penyimpangan-penyimpangan, sehingga komunikasi tersebut kurang efektif dan efisien. Dalam proses belajar mengajar mengakibatkan komunikasi yang seharusnya dua arah berubah menjadi satu arah, menyebabkan siswa kurang berminat dan memperhatikan dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam materi kisah nabi pada siswa kelas III MI Asas Islam Kalibening Salatiga tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar sejarah kebudayaan islam materi kisah nabi melalui melalui media audio visual pada siswa kelas III MI Asas Islam Kalibening Salatiga tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, yang bertujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga putaran (siklus). Setiap siklus dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa melalui media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam materi kisah nabi pada siswa kelas III MI Asas Islam Kalibening Salatiga tahun pelajaran 2013/2014. Data ini dibuktikan bahwa pada pra siklus nilai yang tuntas 13 siswa (52%), kemudian pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa (79,14%) , pada siklus II meningkat menjadi 24 siswa (96%) dan pada siklus III meningkat menjadi 25 siswa (100%)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2018 03:42
Last Modified: 29 Oct 2018 03:42
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4521

Actions (login required)

View Item View Item