Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Benda dan Sifatnya Melalui Metode Eksperimeni pada siswa kelas III MI Tarbitayul Islamiyah Noborejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun 2018

Latifah, Eny (2018) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Benda dan Sifatnya Melalui Metode Eksperimeni pada siswa kelas III MI Tarbitayul Islamiyah Noborejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran IPA di MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga belum menggunakan berbagai metode pembelajaran aktif dan masih menggunakan metode yang kurang tepat dalam proses pembelajarannya. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru terutama materi benda dan sifatnya. Terbukti dengan rendahnya hasil belajar siswa dari total keseluruhan 21 siswa hanya terdapat 9 siswa yang mencapai KKM dan 12 siswa yang belum mencapai KKM 70. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi benda dan sifatnya pada siswa kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi benda dan sifatnya melalui metode eksperimen pada siswa kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas III yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, laporan eksperimen dan tes evaluasi. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik dengan rumus persentase, apabila ≥ 85% siswa tuntas belajar siklus dihentikan. Hasil penelitian ini menunjukan dengan adanya peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas III materi benda dan sifatnya. Terbukti dengan adanya peningkatan hasil pra siklus sebelum dilakukan tindakan, siswa mencapai ketuntasan hanya 42,85% dengan rata-rata pra siklus 65,57, sedangkan pada siklus I mencapai 52,38% dengan rata-rata nilai 65,90, siklus II mencapai 71,42% dengan rata-rata 72,76, siklus III mencapai 85,71% dengan rata-rata 77,42. Pencapaian hasil belajar pada siklus terakhir menyatakan bahwa target pencapaian indikator keberhasilan sudah memenuhi yaitu 85,71% dari total keseluruhan siswa yang tuntas belajar dari target indikator keberhasilan ≥ 85%. Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas III MI tarbiyatul Islamiyah Noborejo dinyatakan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa untuk mencapai KKM kelas ≥ 70

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:24
Last Modified: 30 Oct 2018 03:24
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4530

Actions (login required)

View Item View Item