Peningkatan Hasil belajar Pendidikan Agama Islam Materi Menghindari Minuman Keras dan Judi Melalui Metode Cooperative Script Kelas VIII E SMP Negeri 1 Bawen tahun 2018/2019

Safitri, Ariska Ayu (2018) Peningkatan Hasil belajar Pendidikan Agama Islam Materi Menghindari Minuman Keras dan Judi Melalui Metode Cooperative Script Kelas VIII E SMP Negeri 1 Bawen tahun 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi ( Ariska Ayu Safitri).pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada bab Menghindari minuman keras dan judi, hal ini dikarenakan guru banyak menggunakan metode ceramah. Sehingga guru perlu melakukan pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa dengan menggunakan metode Cooperative Script. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah dengan metode Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam materi menghindari minuman keras dan judi pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Bawen tahun 2018/2019 ? Penelitian ini termasuk PTK, pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes. Permasalahan tersebut dibahas melalui 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi menghindari minuman keras dan judi pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Bawen tahun 2018/2019. Hasil belajar siswa pada pra siklus terdapat siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa atau 42,42% dan yang belum tuntas sebanyak 19 siswa atau 57,57% siswa dengan nilai rata-rata 72,12. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa atau 51,5% siswa dan yang belum tuntas sebanyak 16 siswa atau 48,48% dengan nilai rata-rata 74,24. Dalam pencapaian ketuntasan pada siklus II sebanyak 30 siswa atau 90,9% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 3 siswa atau 9% dengan nilai rata-rata 87,57. Hasil dari siklus II menunjukkan bahwa pada siklus II telah berhasil dalam mencapai indikator ketuntasan belajar yang ditentukan yaitu 85% dan pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 90,9%. Maka siklus dihentikan dan dinyatan berhasil

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:34
Last Modified: 30 Oct 2018 03:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4532

Actions (login required)

View Item View Item