PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTSN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Maksudah, Nely (2018) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTSN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NELY MAKSUDAH 111-14-193.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini upaya untuk mengetahui apakah ada pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Pertanyaan utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kondisi sosial ekonomi orang tua siswa kelas VIII MTsN Susukan tahun pelajaran 2017/2018? (2) bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Susukan tahun pelajaran 2017/2018? (3) bagaimana pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Susukan tahun pelajaran 2017/2018? Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Susukan Kabupaten Semarang, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket tertutup untuk variabel bebas. Sedangkan variabel terikatnya dengan nilai rata-rata ulangan akhir semester satu. Subjek penelitian sebanyak 60 responden yang di ambil secara acak. Data penelitian yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus regresi sederhana dibantu program SPSS Version 24.00 for Windows. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa (1) Variabel kondisi sosial ekonomi orang tua dari 60 responden yang berada dalam kategori baik sebanyak 26 siswa atau 43,33%, adapun dengan kategori sedang sebanyak 25 siswa atau 41,67%, dan dalam kategori rendah sebanyak 9 siswa atau 15%. (2) Variabel hasil belajarsiswa dari 60 responden yang berada dalam kategori baik sebanyak 23 siswa atau 38,33%, adapaun dalam kategori sedang sebanyak 25 siswa atau 41,67%, dan dalam kategori rendah sebanyak 12 siswa atau 20%. Ada hubungan yang signifikan antara pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi “ada hubungan yang signifikan antara pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018” dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan harga r_xy hitung lebih besar dari r_xy tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu r_(hitung ) = 0,763 > r_(tabel )= 0.254

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 01:55
Last Modified: 31 Oct 2018 01:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4539

Actions (login required)

View Item View Item