Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah Saw di Madinah Menggunakan Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018

Sakiroh, Khanifatul Husniyati (2018) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah Saw di Madinah Menggunakan Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Khanifatul Husniyati Sakiroh 111-14-032 Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Meneladani Perjuang.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Tutor Sebaya dalam meningkatkan hasil belajar PAI materi meneladani perjuangan dakwah Rasulullah SAW di Madinah pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), mengambil bentuk penelitian kerjasama antara peneliti dengan guru. Pihak yang melakukan tindakan adalah guru, sedangkan yang mengamati selama proses pembelajaran berlangsung adalah peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan utama yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setiap kegiatan dilakukan refleksi, sehingga kelemahan-kelemahan setiap siklus dapat dibenahi pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Tutor Sebaya dalam materi meneladani perjuangan dakwah Rasulullah SAW di Madinah dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dibuktikan dari nilai hasil belajar siswa setiap siklus mengalami peningkatan. Seperti data yang dipaparkan sebelumnya bahwa dari pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa atau 31,43%, kemudian siklus I mengalami kenaikan ketuntasan siswa sebanyak 22 siswa atau 62,86%, dan dari siklus I dilanjutkan ke siklus II mengalami kenaikan yaitu 30 siswa yang tuntas atau 85,71%. Karena telah mencapai indikator keberhasilan klasikal yaitu ≥ 85% dari ketuntasan belajar siswa, sehingga penerapan metode Tutor Sebaya tersebut dapat dinyatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar PAI materi meneladani perjuangan dakwah Rasulullah SAW di Madinah pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 01:58
Last Modified: 31 Oct 2018 01:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4540

Actions (login required)

View Item View Item