Pengaruh Penjiwaan Profesi dan Kemampuan Mengajar Terhadap Kinerja Guru MI di Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun 2018

Setiyani, Dwi Indah (2018) Pengaruh Penjiwaan Profesi dan Kemampuan Mengajar Terhadap Kinerja Guru MI di Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi Dwi Indah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penjiwaan profesi dan kemampuan mengajar terhadap kinerja guru MI di Kecamatan Klego Kabupaten Tahun 2018. Studi ini dimaksudkan dengan menjawab permasalahan: Bagaimana penjiwaan profesi, kemampuan guru dan kinerja guru, serta adakah pengaruh penjiwaan profesi terhadap kinerja guru, adakah pengaruh kemampuan mengajar terhadap kinerja guru dan adakah pengaruh penjiwaan profesi dan kemampuan mengajar terhadap kinerja guru MI di Kecamatan Klego . Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan analisis statistik regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah Semua Guru MI di Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali, sampel diambil secara Purposive Sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 25 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data penjiwaan profesi, kemampuan mengajar dan kinerja guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penjiwaan profesi di sekolah tersebut tinggi yaitu sebesar 88 %. Kemampuan mengajar guru dalam kategori tinggi yaitu sebesar 72 %. Serta kinerja guru dalam kategori tinggi yaitu sebesar 52 %. Selanjutnya ada pengaruh penjiwaan profesi terhadap kinerja guru di sekolah tersebut. Tampak bahwa variabel X1 sebesar 0,216, tanda b “+” berarti pengaruh kinerja guru dan penjiwaan profesi adalah positif. Ada pengaruh positif antara kemampuan mengajar terhadap kinerja guru dengan variabel X2 sebesar 0,116. Ada pengaruh antara penjiwaan profesi dan kemampuan mengajar secara simultan terhadap kinerja guru MI di Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun 2018. Bentuk persamaan garis regresi adalah Y= 45,87 + (0,261)X1 + (0,116) X2, karena tanda “+”, maka terdapat pengaruh positif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 02:05
Last Modified: 31 Oct 2018 02:05
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4543

Actions (login required)

View Item View Item