Konsep Akhlak Guru Terhadap Murid Dalam Konteks Pendidikan Zaman Modern Perspektif Imam Ghozali Dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin.Skripsi

Indrawan, Prydar Sakti (2018) Konsep Akhlak Guru Terhadap Murid Dalam Konteks Pendidikan Zaman Modern Perspektif Imam Ghozali Dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin.Skripsi. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan skripsi ini, yaitu: (1) Mendeskripsikan Akhlak Guru Terhadap Murid Menurut Imam Ghozali Dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin. (2) Mendiskripsikan relevansi konsep aklak guru terhadap murid menurut Imam Al-Ghozali dengan konsep pendidikan zaman modern. Untuk mencapai tujuan di atas penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data pustaka yaitu membaca, mencatat serta mengolah bahan penelitian dari berbagai buku dan karya ilmiah yang mendukung penelitian skripsi ini dengan mengutamakan data primer. Sumber data meliputi sumber data primer yakni kitab Ihya’Ulumuudin karya Imam Al-Ghozali, serta sumber data sekunder diantaranya buku-buku literatur, intenet, artikel, jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep akhlak guru terhadap murid menururt Imam Ghozali dalam kitab Ihya’ ulumuddin: a) Guru harus memiliki rasa kasih sayang. b) Guru harus mengikuti teladan Rasul. c) Guru tidak boleh menyembunyikan nasihat. d) Guru mencegah murid dari watak dan perilaku jahat. e) Guru tidak merendahkan ilmu lain. f) Guru hendaknya mengetahui batas kemampuan murid. g) Guru hendaknya mengajar sesuatu yang jelas. h) Guru harus mempraktikkan lebih dahulu. (2) Konsep akhlak guru perspektif Imam Ghozali secara garis besar masih bisa diterapkan dalam pendidikan zaman modern. Dan masih ideal antara kosep yang dikemukakan Imam Ghozali dengan Undang-Undang yang berlaku saat ini, dan jika diterapkan dalam proses pendidikan maka tidak hanya tujuan pendidikan yang dicapai, tetapi jauh yang lebih substansial yakni terbentuknya relasi (hubungan) guru dan murid yang baik, guru dinilai bukan sebagai penjual ilmu tetapi dinilai dari keikhlasan hati dan tujuannya (transfer of knowledge dan penyempurnaan akhlak). Dengan demikian akan membuahkan hasil bagi kebaikan di dunia dan juga di akhirat. Akan tetapi relevansi pada kenyatanya dan fakta dilapangan yang terjadi saat ini masih banyak kasus-kasus penyimpangan yang dilakukan oleh oknum guru, yang sangat bertolak belakang dengan konsep Imam Ghozali ataupun dari Undang-Undang yang berlaku

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 02:19
Last Modified: 31 Oct 2018 02:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4547

Actions (login required)

View Item View Item