Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Sejarah Nabi Muhammad SAW Dengan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas VIII E Di SMPN 9 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018

Septiani, Tika Ade (2018) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Sejarah Nabi Muhammad SAW Dengan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas VIII E Di SMPN 9 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
judul bab 1-5 dan daftar pustaka.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Sejarah Nabi Muhammad SAW dengan metode mind mapping pada siswa kelas VIII E di SMPN 9 Salatiga tahun pelajaran 2017/2018. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang menghasilkan data-data yang diperoleh dari objek penelitian dengan metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes, yang dilakukan denganlangkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Kemudian dianalisis oleh peneliti, disimpulkan untuk menjawab tujuan penelitian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa metode mind mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi Sejarah Nabi Muhammad SAW dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E di SMPN 9 Salatiga tahun 2017/2018.Hasil pembelajaran yang dilakukan selama proses pra siklus, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang sangat signifikan, dengan dapat dilihat dari hasil persentasenya dari 25% menjadi 75% pada siklus I kemudian lebih meningkat ketika dilakukan percobaan kembali mencapai 100% pada siklus II

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Aliran dan Sekte Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 02:49
Last Modified: 31 Oct 2018 02:49
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4556

Actions (login required)

View Item View Item