Model Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di MA AL-AZHAR Andong Kabupaten Boyolali

NURJANAH, SITI (2018) Model Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di MA AL-AZHAR Andong Kabupaten Boyolali. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Madrasah Aliyah AL-AZHAR Andong kabupaten Boyolali merupakan salah satu Madrasah Aliyah yang cukup berhasil dalam membina para guru dan siswanya dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam, dalam suatu lembaga pendidikan, kepala sekolah memiliki peran yang sangat menentukan maju mundurnya sebuah lembaga pendidikan, dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya pendidikan agama Islam, kepala sekolah harus mengetahui segala perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam lembaganya. Kepala sekolah harus mampu menghasilkan peserta didik yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta beriman dan takwa kepada Allah SWT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimanakah model kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di MA AL-AZHAR Andong kabupaten Boyolali? Apa faktor yang menunjang dan menghambat keberhasilan untuk meningkatkan mutu pendidikan agama islam di MA AL-AZHAR Andong kabupaten Boyolali? Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dilapangan kemudian disusun dengan memilih dan menyederhanakan data. Selanjutnya dilakukan penyajian data untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Model kepemimpinan kepala sekolah di MA AL-AZHAR saat ini lebih cenderung lebih menggunakan model kepemimpinan demokratis, karena kepala sekolah bersedia membagi persolalan dengan bawahannya dan sebaliknya persoalan bawahan juga didengarkan serta memberi nasehat dan solusi, kepala sekolah juga memberikan kesempatan kepada bawahannya supaya lebih berkembang dan bertanggung jawab serta memberikan dukungan kepada guru, pegawai, serta siswa untuk berkembang. Sedangkan faktor penunjang keberhasilan mutu pendidikan agama Islam di MA AL-AZHAR Andong yaitu selain dari tenaga pendidik yang profesional, juga karena adanya partisipasi dari guru yang mengontrol jalannya kegiatan di luar jam pembelajaran serta kedisiplinan dalam berbagai kegiatan yang menjadikan terlaksananya semua kegiatan dengan maksimal, Serta faktor Penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan MA AL-AZHAR Andong adalah kurangnya pengetahuan siswa tentang agama serta kurangnya kepedulian peserta didik dengan kegiatan yang ada

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 03:12
Last Modified: 31 Oct 2018 03:12
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4561

Actions (login required)

View Item View Item