Peran Guru Bimbingan Konseling dan Guru PAI dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di MTs Ma’arif Botoputih dan MTsN Parakan Temanggung Tahun 2018

SUCIYATI, TYAS ASTINA (2018) Peran Guru Bimbingan Konseling dan Guru PAI dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di MTs Ma’arif Botoputih dan MTsN Parakan Temanggung Tahun 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kenakalan siswa yang terjadi di MTs Ma’arif Botoputih dan MTsN Parakan Temanggung maka perlu peran dari guru Bimbingan Konseling dan guru PAI dalam menyikapi kenakalan tersebut agar siswa dapat mematuhi peraturan sekolah sesuai peraturan yang ada dan menjadi generasi yang baik dengan tidak melakukan kenakalan yang tidak sesuai norma. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mencoba mendiskripsikan data-data yang diperoleh peneliti di lapangan dengan mengambil latar belakang MTs Ma’arif Botoputih dan MTsN Parakan Temanggung. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, peran guru Bimbingan Konseling dan guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa adalah sebagai pembimbing, sebagai pembangun kerjasama, sebagai motivator, sebagai konselor, dan peran tersebut telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan landasan pelayanan bimbingan konseling. Kedua, faktor pendukung dalam mengatasi kenakalan siswa meliputi: semua satu visi dan misi, adanya kerjasama dengan wali kelas, lingkungan sekolah yang baik, adanya kebijakan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: tindak lanjut yang kurang maksimal, latar belakang anak yang berbeda, kurangnya tenaga BK, pengaruh teknologi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 03:14
Last Modified: 31 Oct 2018 03:14
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4562

Actions (login required)

View Item View Item