Peningkatan hasil belajar IPA materi pelestarian sumber daya alam melalui model mind map dan metode diskusi pada siswa kelas IIIMI Ma;arif NU Blotongan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga tahun pelajaran 2017/2018

Jayanti, Dyah Ayu Dwi (2018) Peningkatan hasil belajar IPA materi pelestarian sumber daya alam melalui model mind map dan metode diskusi pada siswa kelas IIIMI Ma;arif NU Blotongan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga tahun pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPA materipelestarian sumber daya alam pada siswa kelas III MI Ma’arif NU Blotongan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model mind map dan metode diskusidapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pelestarian sumber daya alam pada siswa kelas III MIMa’arif NU Blotongan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018, Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan caramenghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPA materi pelestarian sumber daya alampada siswa kelas IIIMI Ma’arif NU Blotongan Kecamatan Sidorejo KotaSalatigaTahun Pelajaran 2017/2018. Melalui model mind map dan metode diskusiada peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat kondisi awal yaitu 20% siswa yang tuntas belajar,pada siklus I meningkat menjadi 45% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 90% siswa tuntas.Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model mind map dan metode diskusidapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pelestarian sumber daya alampada siswa kelas IIIMI Ma’arif NU Blotongan Kecamatan Sidorejo Kota SalatigaTahun Pelajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 03:35
Last Modified: 31 Oct 2018 03:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4569

Actions (login required)

View Item View Item