Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Tajwid dengan Metode Card Sort pada Siswa Kelas XII Mekatronika 2 SMK Negeri 3 Salatiga Tahun 2018/2019

Nandani, Putri (2018) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Tajwid dengan Metode Card Sort pada Siswa Kelas XII Mekatronika 2 SMK Negeri 3 Salatiga Tahun 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PUTRI NANDANI 111-14-038.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat belajar siswa kelas XII Mekatronika 2 di SMK Negeri 3 Salatiga pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sehingga nilai-nilai yang didapatkan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kurang memuaskan, hal ini terbukti dari hasil belajar siswa yang masih rendah dengan nilai rata-rata siswa 68,4 (66,66% dari seluruh siswa) belum mencapai KKM sekolah. Salah satu solusi untuk permasalahan tersebut perlu diterapkannya pembelajaran alternatif yang dapat merangsang aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga siswa akan berperan aktif dan memberikan feedback positif. Salah satu metode pembelajaran yang dapat dipakai adalah metode card sort yang dianggap sebagai suatu cara untuk meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar siswa terhadap materi tajwid khususnya hukum bacaan nun sukun dan tanwin serta hukum bacaan mim sukun, karena pembelajaran dengan menggunakan media permainan kartu dapat mengubah suasana kelas menjadi sebuah area permainan yang menyenangkan. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII Mekatronika 2 SMK N 3 Salatiga sebanyak 30 siswa. Hasil dari penelitian ini mulai dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan ketuntasan siswa. Siklus I memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa sebanyak 22 siswa atau persentasenya adalah 73,33%. Data ketuntasan siswa yang dimiliki siklus II yaitu sebanyak 26 siswa yang tuntas dan dalam persentasenya adalah 86,66% sehingga, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa atau sebanyak 13,33%. Adapun, nilai rata-rata kelas yang diperoleh dari hasil nilai setiap siklus juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I memiliki rata-rata 80,33 dan pada siklus II memiliki rata-rata 86,33 yang meningkat 6 dari siklus I. Pencapaian KKM kelas pada siklus II 86,66% lebih besar dari KKM klasikal 85%. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XII Mekatronika 2 SMK Negeri 3 Salatiga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 06:47
Last Modified: 31 Oct 2018 06:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4590

Actions (login required)

View Item View Item