Peningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Sejarah Uang Dengan Numbered Head Together (NHT) dan Media Audio Visual Kelas III Semester 02 MI Miftaahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018

Ningrum, Retno (2018) Peningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Sejarah Uang Dengan Numbered Head Together (NHT) dan Media Audio Visual Kelas III Semester 02 MI Miftaahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI RENTO NINGRUM.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Metode Numbered Head Together (NHT) dan Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi sejarah uang pada siswa kelas III MI Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS dan siswa kelas III MI Miftahul Huda yang terdiri dari 18 siswa yaitu 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Numbered Head Together (NHT) dan media Audio Visual dapat meningkatkan hasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode Numbered Head Together (NHT) dan media Audio Visual hanya 33% yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus I meningkat menjadi 61% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 94% siswa tuntas. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui Numbered Head Together (NHT) dan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi sejarah uang pada siswa kelas III MI Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 06:51
Last Modified: 31 Oct 2018 06:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4591

Actions (login required)

View Item View Item