PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF MELALUI MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS V SDN SRONDOL KULON 01 KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Telogowati, Tri Indah (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF MELALUI MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS V SDN SRONDOL KULON 01 KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TRI INDAH TELOGOWATI 115-14-045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mencari ide pokok paragraph pada siswa kelas V. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Berdasarkan hasil observasi dilapangan kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok paragraph masih rendah. Sebagian besar guru belum menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan. Keadaan tersebut berpotensi menimbulkan kejenuhan serta menurunkan minat belajar siswa. Berdasarkan uraian diatas melalui penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan kreativitas guru dalam mengajar. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Srondol Kulon Kecamatan Banyumanik Kota Semarang pada siswa kelas V dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki- laki dan 12 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran CIRC terjadi peningkatan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menemukan ide pokok paragraph selama proses pembelajaran berlangsung mulai dari siklus I sampai dengan siklus II. Hal ini dibuktikan, pada siklus I masih banyak siswa yang masih merasa kebingungan dalam menemukan ide pokok paragraph diperoleh pada siklus I 17 siswa (90%) yang tuntas dan 13 siswa (10%) belum tuntas dengan nilai rata- rata 62,6. Siklus II meningkat menjadi 27(90%) siswa yang tuntas dan yang belum tuntas 3 (10%) siswa dengan perolehan nilai rata- rata 74,6. Dari pelaksanaan PTK siklus 1 dan siklus II dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model CIRC dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN Srondol Kulon 01 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 07:39
Last Modified: 31 Oct 2018 07:39
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4598

Actions (login required)

View Item View Item