Pengaruh Keteladanan Orang Tua dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Pengamalan Ibadah Shalat Fardhu Siswa Kelas VII SMP N 8 Salatiga Tahun Ajaran 2017/2018

Taranisa, Fita (2018) Pengaruh Keteladanan Orang Tua dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Pengamalan Ibadah Shalat Fardhu Siswa Kelas VII SMP N 8 Salatiga Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui keteladanan orang tua siswa kelas VII SMP N 8 Salatiga tahun pelajaran 2017/2018, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar PAI siswa kelas VII SMP N 8 Salatiga tahun pelajaran 2017/2018, (3) Untuk mengetahui pengamalan ibadah sholat fardhu siswa kelas VII SMP N 8 Salatiga, (4) Untuk mengetahui pengaruh keteladanan orang tua terhadap pengamalan ibadah shalat siswa kelas VII SMP N 8 Salatiga, (5) Untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar PAI terhadap pengamalan ibadah shalat siswa kelas VII SMP N 8 Salatiga, (6) untuk mengetahui pengaruh keteladanan orang tua dan prestasi belajar PAI terhadap pengamalan ibadah shalat siswa kelas VII SMP N 8 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sedangkan rancangan penelitian ini adalah penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 198 siswa dan sampelnya sebanyak 132 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Keteladanan orang tua siswa kelas VII SMP N 8 Salatiga tahun ajaran 2017/2018 adalah dalam kategori tinggi. (2) Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP N 8 Salatiga tahun ajaran 2017/2018 adalah dalam kategori sangat tinggi. (3) Pengamalan ibadah shalat fardhu siswa kelas VII SMP N 8 Salatiga tahun ajaran 2017/2018 adalah dalam kategori sedang. (4) Terdapat pengaruh keteladanan orang tua terhadap pengamalan ibadah shalat fardhu siswa kelas VII SMP N 8 Salatiga, dimana Fhitung sebesar 84802,032 sedangkan Ftabel pada taraf signifikasi 5% sebesar 3,91, jadi Fhitung lebih besar dari Ftabel (84802,032 > 3,91). (5) Tidak ada pengaruh prestasi belajar Pendidikan Agama Islam terhadap pengamalan ibadah shalat fardhu siswa kelas VII SMP N 8 Salatiga tahun ajaran 2017/2018 dimana Fhitung sebesar 0,000004522 sedangkan Ftabel pada taraf signifikasi 5% sebesar 3,91, jadi Fhitung lebih kecil dari Ftabel (0,000004522 < 3,91). (6) Terdapat pengaruh keteladanan orang tua dan prestasi belajar pendidikan agama islam secara bersama-sama terhadap pengamalan ibadah shalat fardhu siswa kelas VII SMP N 8 Salatiga tahun ajaran 2017/2018, dimana Fhitung sebesar 67,12580 sedangkan Ftabel dengan taraf signifikasi 5% sebesar 3,06, jadi Fhitung lebih besar dari Ftabel (67,12580>3,06)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 07:58
Last Modified: 31 Oct 2018 07:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4602

Actions (login required)

View Item View Item