Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Shalat Jama’ dan Qashar Dengan Metode Snowball Throwing dan Demonstrasi Pada Siswa VII B MTs Al-Bidayah Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017 / 2018

naja, Rikha nurusshafinatun (2018) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Shalat Jama’ dan Qashar Dengan Metode Snowball Throwing dan Demonstrasi Pada Siswa VII B MTs Al-Bidayah Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi lengkap 3.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah yang diteliti pengawat yaitu Apakah penerapan metode snowball throwing dan demonstrasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam materi shalat jama’ dan qashar dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VII B di MTs Al-Bidayah Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Oleh karena itu, tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui penerapan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode snowball throwing dan demonstrasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam materi shalat jama’dan qashar, pada siswa kelas VIIB di MTs Al-Bidayah Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research/Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pra siklus dan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam penerapan metode snowball throwing dan demonstrasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam materi shalat jama’dan qashar. Metode observasi digunakan untuk mengetahui dan menilai aktivitas siswa dan guru dalam KBM berlangsung. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian ini memiliki data dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian dimulai dari nilai pra siklus, siklus I sampai siklus II, yaitu pada tahap Pra Siklus hanya terdapat 10 siswa yang tuntas dari seluruh siswa dengan rata-rata nilai keseluruhan yaitu 58.7, sedangkan pada siklus I terdiri 12 siswa mencapai KKM dengan rata-rata 65. Dan pada siklus II hanya terdapat 6 siswa yang tidak tuntas dengan 36 siswa dengan nilai mencapai KKM dengan rata-rata nilai 73, maka sudah > KKM 70. Sedangkan data presentasi kelulusan maksimal yang dicapai 85% , maka data presentase dari Pra Siklus sampai Siklus II sebagai berikut: 24,3% , 29,2% dan 85%, maka hasil yang didapat sudah melebihi target yaitu 85%. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil untukmeningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam materi shalat jama’dan qashar pada siswa kelas VII B MTs Al-Bidayah Candi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Aliran dan Sekte Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2018 02:51
Last Modified: 05 Nov 2018 02:51
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4628

Actions (login required)

View Item View Item