Full Day School dan Perkembangan Psikologis Anak (Studi Kasus di SD Plus Tahfizhul Qur’an Annida dan SDIT Nidaul Hikmah Kota Salatiga Tahun 2018).

Mubin, Moh. Taijul (2018) Full Day School dan Perkembangan Psikologis Anak (Studi Kasus di SD Plus Tahfizhul Qur’an Annida dan SDIT Nidaul Hikmah Kota Salatiga Tahun 2018). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi, Moh. Taijul Mubin NIM. 115-14-137 TH 2018 .pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep full day school di SD Plus Tahfizhul Qur’an Annida dan SDIT Nidaul Hikmah Kota Salatiga Tahun 2018, mengetahui bagaimana perkembangan psikologis anak di SD Plus Tahfizhul Qur’an Annida dan SDIT Nidaul Hikmah Kota Salatiga tahun 2018, dan mengetahui bagaimana kendala program full day school yang dialami guru dan siswa di SD Plus Tahfizhul Qur’an Annida dan SDIT Nidaul Hikmah Kota Salatiga tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu hasil wawancara kepala sekolah, guru, siswa, orang tua siswa, dan sumber data sekunder yang berupa observasi kegiatan di sekolah dan dokumentasi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua sekolah tersebut merupakan sekolah yang menggunakan program full day school dengan konsep pada tatanan alokasi waktu lebih banyak dan lebih lama, dari pagi sampai sore hari. Kedua sekolah tersebut mengintegrasikan kurikulum antara kurikulum diknas dan kurikulum sekolah (agama). Mata pelajaran tahfizh sebagai bentuk ciri khas atau kekhasan tersendiri dari sekolah. Karakteristik dari kedua sekolah tersebut adalah adanya pembiasaan-pembiasaan islami secara intens setiap hari. Proses pembelajarannya didesain dan dikemas secara menarik baik di kelas maupun di luar kelas. Masing-masing sekolah siswa-siswinya mengalami perkembangan psikologis secara berangsur-angsur baik dari segi aspek perkembangan kognitif, perilaku, emosi, sosial, dan keagamaan. Kendala yang dialami oleh guru dan siswa dari kedua sekolah tersebut adalah terkait dengan hal-hal yang sifatnya secara teknis, bukan karena dampak program full day school

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2018 03:10
Last Modified: 05 Nov 2018 03:10
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4631

Actions (login required)

View Item View Item